Wahana Antariksa Maven Datang Di Mars

 Planet Mars kedatangan tamu gres dari Bumi Wahana Antariksa MAVEN Tiba Di Mars
Ilustrasi wahana MAVEN

AstroNesia   Hari ini, Planet Mars kedatangan tamu gres dari Bumi.

Setelah melaksanakan perjalanan selama 10 bulan dengan jarak 711 juta kilometer, Wahana antariksa NASA MAVEN (Atmosphere and Volatile Evolution) tiba di orbit Mars pagi tadi (22 September 2014,waktu Indonesia), dalam sebuah misi untuk membantu para ilmuwan mencari tahu mengapa Planet Merah berubah dari tempat yang relatif hangat dan basah di masa lalu menjadi dunia yang dingin dan kering menyerupai yang terlihat  sekarang ini.

Selamat! MAVEN sekarang di orbit Mars,” kata anggota tim navigasi MAVEN Dave Folta, dari NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.

Maven bergabung dengan tiga wahana lainnya di orbit Mars NASA Mars Odyssey dan Mars Reconnaissance Orbiter (MRO), serta wahana milik ESA, Mars Express. NASA juga mempunyai dua rovers yang aktif mengeksplorasi permukaan planet Mars: Opportunity yag seukuran kendaraan beroda empat golf dan sepupunya yang lebih muda dan lebih besar, Curiosity.

Pesawat itu akan mengukur laju gas terlepas dari atmosfer Mars ke antariksa. NASA menyampaikan bahwa tubuh antariksa AS itu akan mengizinkan para ilmuwan untuk menghitung berapa banyak gas planet itu telah hilang sepanjang sejarahnya, dan mempelajari bagaimana sebuah planet yang kemungkinan pernah dihuni mikroorganisme telah bermetamorfosis dunia gurun pasir yang tandus.  

Baca :  9 Fakta Mengejutkan Misi MAVEN

MAVEN akan memakan waktu enam ahad untuk masuk dan menetap di orbitnya mengitari Mars dan menguji instrumennya sebelum memulai misi satu tahun, yang menelan biaya USS$671 juta.  

Bruce Jakovsky, yang memimpin bab ilmu pengetahuan alam misi itu, menyampaikan sasarannya yakni untuk memahami apa yang menjadikan perubahan signifikan terhadap iklim Mars dalam beberapa milyar tahun yang lalu.  

Satu lagi wahana dari India akan tiba hari Rabu di Mars.

Hosting Unlimited Indonesia

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi
Sumber http://astronesia.blogspot.co.id/