Plankton Maritim Ditemukan Hidup Di Luar Iss

 tepatnya di permukaan Stasiun Luar Angkasa Internasional Plankton Laut Ditemukan Hidup Di Luar ISS
Gambar ISS yang diambil tahun 2010

AstroNesia Planton ditemukan di luar angkasa, tepatnya di permukaan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Hebatnya, dalam kondisi luar angkasa yang minim oksigen, suhu rendah, dan paparan radiasi sinar kosmik, plankton itu masih hidup. 

Keberadaan plankton di luar angkasa itu ditemukan oleh kosmonot Rusia, Olev Artemyev dan Alexander Skvortsov. Mereka menemukannya ketika melaksanakan spacewalk dan meluncurkan satelit nano. 

Mulanya, keduanya melaksanakan eksperimen dengan mengusap permukaan jendela atau iluminator ISS. Tak disangka, sesudah diselidiki dengan alat yang cukup canggih dan presisi, ada plankton yang hidup di sana.  Vladimir Solovyev, pimpinan misi orbital Rusia, besar hati dengan inovasi itu. Ia mengungkapkan, “temuan ini harus dipelajari lebih lanjut.” 

Sejauh ini, belum diketahui asal-usul plankton tersebut. Yang jelas, plankton itu bukan jenis yang dapat ditemukan di Baikonur, daerah peluncuran misi antariksa Rusia. Diduga, plankton terbawa udara, melekat pada permukaan pesawat ruang angkasa dan hingga di ISS. 

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat belum berkomentar perihal inovasi ini. Apabila konfirmasi ulang menyatakan bahwa plankton itu memang hidup di ISS, maka impian untuk menemukan kehidupan di luar angkasa semakin besar.

Hosting Unlimited Indonesia

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi
Sumber http://astronesia.blogspot.co.id/