Misteri Mars : Apakah Bekerjsama Struktur Yang Berbentuk Seolah-Olah Sel Di Meteorit Mars?

Gambar scanning elektron mikroskop yang menunjukkan struktur oval misterius di meteorit Ma Misteri Mars : Apakah Sebenarnya Struktur Yang Berbentuk Mirip Sel Di Meteorit Mars?
Gambar scanning elektron mikroskop yang menunjukkan struktur oval misterius di meteorit Mars Nakhla.

AstroNesia Para ilmuwan telah menemukan struktur aneh menyerupai sel mikroba dalam meteorit Mars, tapi mereka membantah bahwa itu adalah bukti kehidupan di Planet Merah.

Para peneliti menemukan objek oval mikroskopis dalam meteorit Mars Nakhla, yang jatuh di Mesir pada tahun 1911. Meskipun penampilan struktur ini sangat menarik, kemungkinan besar ia terbentuk dari hasil geologi bukan dari proses biologis, kata anggota tim. 

“Jika struktur oval dalam meteorit ini dibuat oleh proses biotik tidak mempunyai bukti yang kuat”,kata para ilmuwan yang menulis dalam sebuah studi baru yang diterbitkan bulan ini dalam jurnal Astrobiology. Oleh sebab itu, berdasarkan data yang tersedia, kami menyimpulkan bahwa penjelasan yang paling masuk nalar untuk asal-usul objek oval dalam meteorit ini terbentuk melalui proses abiotik.

Struktur Mirip Sel

Objek berbentuk oval ini mempunyai panjang 80 mikron dan lebar 30 mikron (jauh lebih besar dari kebanyakan bakteri terestrial tetapi berukuran normal bagi mikroba eukariotik). Tim peneliti yakin bahwa objek tersebut adalah asli dan bukan hasil kontaminasi terestrial.

Para ilmuwan mempelajari struktur tersebut menggunakan sejumlah teknik yang berbeda, termasuk mikroskop elektron, analisis Xray dan spektrometri massa. Penelitian ini mengungkapkan bahwa objek bundar telur ini terdiri dari tanah liat yang kaya zat besi dan mengandung sejumlah mineral lainnya.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa objek bulat telur ini paling mungkin terbentuk ketika material terisi sebagian di vesikel yang sudah ada  , misalnya gelembung uap di batu.

Tapi anggapan ini tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa bentuk kehidupan Mars ada kaitannya dengan struktur tersebut, kata anggota tim.

Meskipun bentuk keseluruhan sangat bulat telur, itu sangat mustahil bahwa itu sendiri adalah suatu organisme, kata pemimpin penulis Elias Chatzitheodoridis, dari Universitas Teknik Nasional Athena di Yunani.

Namun, struktur ini sanggup saja dibentuk langsung oleh mikro-organisme, atau bisa menjebak bahan organik yang berasal dari tempat lain,” kata Chatzitheodoridis. “Struktur bundar telur ini berlubang yang berarti bahwa ada cukup ruang untuk mengakomodasi koloni mikroorganisme.

 Membuat link yang berpengaruh untuk kehidupan Mars akan memerlukan studi lebih lanjut dan penemuan lebih lanjut, tambahnya.

Kami akan bahagia jika kita sanggup menemukan lebih dari satu objek bundar telur ini, dengan tekstur seolah-olah dalam skala mikro dan skala nano, kata Chatzitheodoridis.

Lingkungan Mars Layak Huni?

Nakhla adalah meteorit yang dipelajari dengan baik para ilmuwan telah melihat kemungkinan tanda-tanda kehidupan Mars di dalamnya sebelum – dan penelitian sebelumnya telah memetakan sejarah dalam beberapa detail. Batuan induk Nakhla tampaknya mengkristal sekitar 1,3 miliar tahun yang lalu,kemudian mengalami dua peristiwa mengejutkan yang memanaskannya.

Yang pertama dari tekanan tersebut kemungkinan terjadi sekitar 910 juta tahun yang lalu dan yang kedua 620 juta tahun yang lalu. Peristiwa terakhir ini, dipicu oleh serangan meteorit di Mars, yang memasukkan aliran air panas melalui singkapan batuan induk Nakhla,tulis para penulis. Akhirnya, sekitar 10 juta tahun yang lalu, dampak lain meledakkan Nakhla hingga bebas dari Mars, membawanya berpetualang melalui ruang angkasa dan berakhir di Bumi pada tahun 1911.

Apakah ada hubungan atau tidaknya struktur berbentuk oval ini terhadap kehidupan di Mars, studi meteorit ini dapat membantu para peneliti lebih memahami masa lalu Red Planet (dan, mungkin, sekarang) terhadap potensi untuk mendukung kehidupan, kata Chatzitheodoridis.

Hosting Unlimited Indonesia

Meteorit Mars mengandung informasi penting, dan karya terbaru ini telah menunjukkan bahwa sekarang kita harus melihatnya lebih hati-hati dan dalam detail yang lebih halus, katanya.
Sumber http://astronesia.blogspot.co.id/