Bukti Pertama Awan Air Es Di Luar Tata Surya Ditemukan

Ini yakni ilustrasi dari Katai Coklat yang gres ditemukan Bukti Pertama Awan Air Es Di Luar Tata Surya Ditemukan
Ini yakni ilustrasi dari Katai Coklat yang gres ditemukan,disebut WISE J085510.83-071442.5. Bintang terperinci yang berada sempurna disebelah kanannya digambarkan sebagai Matahari.

AstroNesia Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Carnegie Jacqueline Faherty telah menemukan bukti pertama awan air es pada objek luar tata surya kita. Awan air es pernah di lihat di planet-planet menyerupai Jupiter,Saturnus, Uranus, dan Neptunus tetapi tidak pernah terlihat di luar planet-planet yang mengorbit Matahari sampai sekarang. Temuan mereka diterbitkan oleh The Astrophysical Journal Letters.

Di Las Campanas Observatory di Chile, Faherty, bersama dengan tim termasuk Carnegie Andrew Monson, menggunakan kamera FourStar near infrared untuk mendeteksi katai coklat terdingin yang pernah dikarakterisasi. Temuan mereka adalah hasil dari 151 gambar yang diambil lebih dari tiga malam dan dikombinasikan. Objek ini berjulukan WISE J085510.83-071442.5 atau W0855, pertama kali terlihat oleh misi NASA’s Wide-Field Infrared Explorer dan dipublikasikan awal tahun ini. Tapi masih belum diketahui apakah objek ini dapat dideteksi dengan fasilitas berbasis darat.
 
Ini adalah pertempuran teleskop untuk sanggup mendeteksinya,” kata Faherty.

Chris Tinney, seorang astronom di Australian Centre for Astrobiology, UNSW Australia dan copenulis berkata Ini yakni hasil yang bagus. Objek ini sangat samar dan sangat menarik untuk menjadi orang pertama yang berhasil mendeteksinya dengan teleskop di tanah.

Baca :  Tetangga Baru Matahari Ditemukan

Katai coklat terlalu kecil untuk menjadi Bintang dan terlalu besar untuk menjadi planet. Mereka terlalu kecil untuk mempertahankan proses fusi hidrogen yang menjadi materi bakar bintang. Suhu mereka dapat berkisar dari hampir panas seperti bintang dan dingin seperti planetmassa mereka juga berkisar antara objek menyerupai bintang dan planet gas raksasa. Mereka menarik bagi para ilmuwan karena mereka menawarkan petunjuk untuk proses pembentukan bintang.

W0855 adalah sistem keempat paling bersahabat dengan matahari kita , sanggup di bilang objek ini yakni tetangga sebelah Matahari dalam jarak astronomi. Perbandingan gambar near infrared tim dari W0855 dengan model untuk memprediksi isi atmosfer katai coklat menunjukkan bukti awan beku sulfida dan air.

Awan es ini diperkirakan sangat penting dalam atmosfer planet di luar tata surya kita, tapi mereka tidak pernah diamati sebelum inovasi ini dibuat, kata Faherty.

Hosting Unlimited Indonesia

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi

Sumber http://astronesia.blogspot.co.id/